Alex Indra Lukman Perkenalkan Bakal Caleg DPR RI PDI Perjuangan Sumbar

PADANG – PDI Perjuangan usung dua orang purnawiran jenderal TNI-Polri, maju sebagai calon anggota legislatif (Caleg) DPR RI pada Pemilu 2024. Salah seorang di antaranya, merupakan Adhi Makayasa 1983.

“Di momentum Rapat Kerja Daerah (Rakerda) ini, sekalian kita perkenalkan 14 orang Caleg DPR RI PDI Perjuangan di Pemilu 2024 nanti. Pencalonan Caleg DPR RI, salah satunya mempertimbangkan daerah asal Caleg,” ungkap Ketua PDI Perjuangan Sumbar, Alex Indra Lukman saat memberikan sambutan pada Rakerda PDI Perjuangan Sumbar di Padang, Selasa sore.

Rakerda PDI Perjuangan Sumbar ini diikuti seluruh calon anggota legislatif (Caleg) PDI Perjuangan se-Sumatera Barat, yakni 14 orang DPR RI, 65 DPRD provinsi serta 590 orang Caleg tingkat kabupaten dan kota. Rakerda ini dibuka Sekjen DPP PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto.

Dua orang purnawirawan jenderal yang diusung PDI Perjuangan itu yakni Irjen Pol (Purn) Fakhrizal dan Laksamana Muda (Purn) Yuhastihar. Keduanya merupakan pensiunan perwira tinggi (Pati) dengan dua bintang di pundak.

Penelusuran media ini, Fakhrizal yang terlahir di Kamang Mudik, Kabupaten Agam pada 26 April 1963, merupakan Kapolda Kalimantan Tengah (2015-2016) dan Kapolda Sumatera Barat (2016-2019).
Setelah menamatkan pendidikan di SMAN 2 Padang pada tahun 1982, Fakhrizal mengikuti tes masuk Akabri dan dinyatakan bergabung dengan Korps Kepolisian dalam satu kali tes.

Setelah menamatkan pendidikan Akabri Kepolisian, Fakhrizal melanjutkan pendidikannya hingga dinyatakan lulus dari Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK) Jakarta tahun 1994 sehingga berhak menyandang gelar Sarjana Ilmu Kepolisian.

Ia lalu merampungkan studi Ilmu Hukum dalam Hukum Bisnis di Sekolah Pascasarjana Universitas Gadjah Mada dan meraih gelar Magister Humaniora tahun 2007.

Sementara, Laksamana Muda (Purn) Yuhastihar sebelumnya juga pernah dicalonkan PDI Perjuangan. Pada Pemilu 2019 lalu, lulusan terbaik Akabri Laut (Adhi Makayasa) 1983 merupakan Caleg PDI Perjuangan Dapil Jatim 1 (Surabaya – Sidoarjo) nomor urut 3.

Atase Pertahanan RI di Mesir dan Turki 2003-2006 yang memiliki kepribadian cerdas dan berdedikasi tinggi ini, mengenyam pendidikan S1 Jurusan Teknik Elektro STTAL 1994 dan Seskoal 1997, Lulus Lemhannas 2012 dan Lulus S2 di Unkris Jakarta.

Pria peraih Piagam Penghargaan Dharma Wiratama, Vidya Wacana (Taskap Terbaik Sesko AL 1997) merupakan putra asli Kabupaten Tanah Datar.

Dikesempatan itu, Alex mengumumkan Caleg DPR RI secara acak. Tidak mengumumkannya menurut dua daerah pemilihan (Dapil) DPR RI Pemilu 2024 di Sumatera Barat.

Jika merujuk asal para Caleg, dapat ditarik kesimpulan nama-nama yang akan diusung sesuai Dapil. Kecuali untuk dua perwira tinggi ini yang sepertinya mendapatkan penugasan khusus.

Caleg DPR RI Dapil I Sumbar PDI Perjuangan:
– Alex Indra Lukman (L) (Padang)
– Fakhrizal (L) (Agam)
– Leli Arni (P) (Dharmasraya)
– Edi Yosepson (L) (Solok)
– H Meris (L) (Dharmasraya)
– RR Ariani (P) (Tanah Datar)
– Ashelfine (L) (Sijunjung)
– Zahra Mardiah Anwar (P) (Pesisir Selatan)

Caleg DPR RI Dapil II Sumbar PDIP:
– Yuhastihar (L) (Tanah Datar)
– Afriyani (P) (Bukittinggi)
– Asep Ajidin (L) (Payakumbuh)
– Martias Tanjung (L) (Agam)
– Resida Warti (P) (Pasaman Barat)
– Aswandi (L) (Pasaman)

Melihat komposisi Caleg DPR RI PDIP Sumatera Barat ini, Sekjen DPP PDIP, Hasto Kristiyanto pada wartawan usai Rakerda menilai, target dua kursi parlemen DPR RI dari Sumatera Barat akan kembali diraih pada Pemilu 2024.

“Kita optimis, keberhasilan yang pernah ditorehkan di Pemilu 2014 bisa diulang di Pemilu 2024 ini,” tukas Hasto.(Sumber: Valora.co.id)


No Replies to "Alex Indra Lukman Perkenalkan Bakal Caleg DPR RI PDI Perjuangan Sumbar"


    Got something to say?

    Some html is OK